Selasa, 10 April 2012

HARDDISK


HARDDISK


Harddisl adalah sebuah komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan data yang cukup popular bagi mainframe ataupun PC karena memiliki tampilan yang berbeda di bandingkan dengan disket.
Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar.
C.1. Hardisk Nonremovable (Hardisk Internal)
Hardisk nonremovable internal adalah hardisk yang tetap berada di dalam unit sistem komputer dan digunakan untuk menyimpan hampir semua program dan sebagian besar file data. Hardisk jenis ini terdiri dari beberapa piringan logam atau kaca.
Putaran piringan hardisk jauh lebih cepat dibandingkan disket, sehingga data/program pada hardisk dapat diakses lebih cepat.
C.2. Hard Drive Portabel (Hardisk Eksternal)
Terdapat dua jenis hardisk portabel, antara lain :
Hardisk Eksternal, Hardisk eksternal adalah hardisk yang bisa ditempatkan di luar unit sistem dan tetap berpembungkus anti udara. Melalui kabel, hardisk dihubungkan ke unit sistem komputer ke port FireWire, USB atau port lain. Kapasitas minimalnya 250 gigabyte.
Jenis-Jenis Harddisk
Jenis harddisk bermacam-macam, tergantung pada kategori yang digunakan. Misalnya, berdasarkan jenis interface-nya dan tingkat kece­patan transfer data,
Jenis interface yang terdapat pada harddisk bermacam-macam, yaitu ATA (IDE, EIDE), SATA, SCSI (Small Computer System Interface), SAS, IEEE 1394, USB, dan Fibre Channel.
Jenis interface menentukan tingkat data rate atau kecepatan transfer data. misalnya, harddisk SCSI memiliki kecepatan transfer ± 5 MHz, artinya mampu melakuan transfer data hingga 5 Mb per detik.
Di antara sekian banyak jenis interface, hanya tiga jenis harddisk yang sering digunakan, yaitu IDE, SATA, dan SCSI. Harddisk SCSI biasanya banyak digunakan pada server, workstation, dan komputer Apple Macintosh mulai pertengahan tahun 1990-an hingga sekarang. Sedangkan harddisk yang banyak digunakan pada komputer personal (PC) adalah jenis SATA.

Kerugian dan keuntungan:
·         Kelemahan:
      • Data bisa buyar jika kena debu, walaupun sedikit
      • Apalagi kebanting
      • Jika piringan tersentuh, dan masih ada sidik jari yg berbekas, datanya juga bisa buyar.
·         Kelebihan:
§  Dapat menyimpan data dalam jumlah besar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar