MULTIMEDIA
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan
beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan
menyampaikan informasi dalam bentuk
text, audio, grafik, animasi, dan video.
Jenis
Multimedia
•
Multimedia interaktif
•
Penguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen
multimedia dikirimkan
atau ditampilakn
Contoh: Game, CD
interaktif, apilkasi program.
•
Multimedia hiperaktif
•
Multimedia jenis ini mempunyai suatu struktur dari
elemen-elemen terkait dengan penguna yang dapat mengarahkannya atau
mempunyai link.
Contoh: world wide web, web site,
mobile banking.
•
Multimedia linear
•
Penguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk
multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir.
Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran
TV
Multimedia dapat
digunakan dalam:
2. Bidang pendidikan
dalam penyampaian bahan pengajaran secara
interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena di idukung oleh berbagai aspek: suara,
video, animasi, teks, dan grafik.
3. Bidang jaringan
dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif.
1. Mengubah
tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari
kantor. Contoh software yang
mendukung teleworking/telecommuting:
Netmeeting!
2. Mengubah
cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian
barang datang dengan sendirinya.
3. Mengubah
cara bisnis. Nokia membuat bisnis
telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan
cara online-banking.
4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai
menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com,
menggunakan software kesehatan, belajar
gitar dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah
cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan
e-book.
6. Internet
Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Penggunaan Multimedia
•
Bisnis
•
Sekolah
•
Rumah
•
Tempat umum
•
Virtual Reality (VR)
Hal-Hal yang di Perlukan
antara lain:
•
Hardware (perangkat keras)
•
Software (perangkat lunak)
•
Kreativias
•
Organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar