Senin, 09 April 2012

PERKEMBANGAN IPTEK


Sehubungan dengan perkembangan iptek berbagai bentuk produk tekhnologi semakin berkembang dengan pesatnya. Terdapat bermacam-macam produk tekhnologi yang bermunculan yang dapat mempermudah pekarjaan manusia.

Komputer mempengaruhi bagaimana kita mengerjakan aktivitas yang paling membosankan, seperti membeli makanan, dan membayar tagihan. Komputer juga dapat memberikan pengalaman baru, misalnya, membolehkan kita berkomunikasi dengan orang lain melalui dunia virtual, dari bagian bumi manapun.
Contoh lain adalah fotografi, dari yang menggunakan kamera berbasis kimia sampai digital. Dengan kamera digital, user masih tetap dapat “point dan shoot” dengan cara yang hampir sama dengan kamera berbasis kimia.
Perkembangan teknologi dapat menyebabkan manusia semakin bergantung dengan teknologi tersebut memudahkan user (manusia) untuk memanfaatkannya. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga nilai-nilai dasar manusia agar dipertahankan, sehingga bukan sistem yang mengatur user, tetapi user yang mengatur sistem.
Kemajuan iptek ini banyak memberikan dampak positif bagi manusia dan kehidupannya, yaitu:
·                      Dapat mempermudah kita untuk berkomunikasi
·                      Dapat mempermudah kita untuk mendapatkan inforamasi
·                      Dapat bertukaran data tanpa harus bertemu misalnya lewat email
·                      Dapat mempermudah kita dalam mengerjakan tugas
·                      Dapat membantu dalam bidang usaha misalnya bisnis online
·                      Dapat membantu menemukan lowongan pekerjaan
Selain memiliki dampak yang positf adapun dampak negatifnya, yaitu:
§                     Pornografi
§                     Menimbulkan rasa malas
§                    Beberapa orang yang tidak bertanggung jawab mengambil keuntungan dari kemajuan iptek ini misalnya   para heaker.
§                   Maraknya penipuan yang berkedok bisnis online
Kesimpulannya yang dapat kita ambil dari perkembangan tekhnologi ini,bahwa tekhnologi bisa menjadi sahabat yang baik bagi kita tetapi jika kita tidak pandai dan mawas diri tekhnologi tersebut akan berbalik menjadi bumerang bagi kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar