Senin, 09 April 2012

Kontribusi Fisika Terhadap TI


Kontribusi Fisika Terhadap TI

Didalam fisika ada sebuah bidang yang dikenal dengan fisika teknik, bidang ini memang tidak sepopuler elektro, mesin maupun informatika. Istilah fisika teknik berasal dari engineering physics.
Fisika teknik merupakan asimilasi antara fisika, elektro dan mekanika. Sehingga secara logika jurusan fisika teknik bisa dikatakan sebagai jurusan yang mampu menjawab semua persoalan penerapan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
Beberapa  fakta-fakta yang kurang dikenal seperti: Komputer digital elektronik, transistor, laser, dan bahkan World Wide Web semua ditemukan oleh fisikawan. Penemuan ini membentuk dasar dari teknologi modern.
Tentu saja, ada banyak contoh lain tentang bagaimana fisika penelitian telah menguntungkan masyarakat bahwa saya tidak memiliki ruang untuk membahas di sini. Sebagai contoh, salah satu bidang penelitian aktif yang menunjukkan janji untuk mempengaruhi masyarakat luas superkonduktivitas . Yang pertama "suhu rendah" superkonduktor ditemukan pada tahun 1911 oleh fisikawan Kamerlingh Onnes ( 1913 Penghargaan Nobel dalam Fisika ), dan kelas ini bahan pertama kali dijelaskan secara matematis pada tahun 1957 oleh fisikawan Bardeen, Cooper, dan Schrieffer ( 1972 Penghargaan Nobel dalam Fisika ). Yang pertama "suhu tinggi" superkonduktor yang ditemukan pada tahun 1986 oleh Bednorz dan Müller ( 1987 Penghargaan Nobel dalam Fisika ).

Lebih dari 100.000 makalah penelitian yang telah ditulis tentang fenomena superkonduktivitas suhu-tinggi, tetapi pemahaman tidak tercapai seperti mengapa mereka "superconduct" pada relatif "tinggi" suhu yang mereka lakukan. Didorong oleh keinginan untuk membuat bahan yang superconduct pada temperatur yang lebih tinggi (misalnya suhu kamar), dan karena saat ini dan potensi banyak
aplikasi , ini terus menjadi salah satu daerah yang paling aktif penelitian dalam fisika hari ini. Hal ini juga diketahui bahwa siapa pun angka keluar deskripsi matematis benar superkonduktivitas suhu-tinggi akan memenangkan Hadiah Nobel juga.
Jadi bisa disimpulkan bahwa kontribusi Fisika dalam TI sangat lah dibutuhkan, tanpa Fisika TI tidak akan ada, karena pada kenyataannya, produk teknologi yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari merupakan campuran antara fisika, elektro dan mekanika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar