Senin, 09 April 2012

Linux


Linux adalah nama yang diberikan kepada system operasi komputer bertipe Unix.
 Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Selama ini kita telah mengetahui bahwa untuk linux penggunaannya pada server.
Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video, PlayStation 2, PlayStation 3 dan telepon genggam dan router
faktor keamanan dan kestabilan yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows membuat system oprasi ini banyak di gemari oleh para penggunannya. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Perbedaan utama antara Linux dan sistem operasi populer lainnya terletak pada kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Linux bukan satu-satunya sistem operasi dalam kategori tersebut, walaupun demikian Linux adalah contoh terbaik dan terbanyak digunakan.
Linux merupakan sistem operasi bertipe Unix modular. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar Unix yang dikembangkan dalam kurun waktu 1970-an hingga 1980-an
Dengan demikian kita  dapat menyimpulkan bahwa system operasi linux merupakan system operasi yang  baik sehingga banyak digemari dan digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar